baca juga
RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP …
Matapelajaran : Seni Budaya( Seni Rupa)
Kelas/Semester : VIII/ Satu
Alokasi Waktu : 4 Pertemuan ( 12 JP )
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba ,mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang
B. Kompetensi Dasar (KD)
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugrah Tuhan
2.1 Menunjukan sikap menghargai, jujur, disiplin,melalui aktifitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
3.1 Memahami konsep dan prosedur menggambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik
4.1 Menggambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1 Menghargai keindahan karya gambar model sebagai anugerah Tuhan
1.1.2 Menghargai kemampuan berkreasi menggambar model sebagai anugerah Tuhan
2.1.1 Menghargai gambar model hasil kreasi orang lain
2.1.2 Berdisiplin dalam berkreasi menggambar model
2.2.1 Bertanggung jawab dalam berkreasi menggambar model
3.1.1 Mengidentifikasi unsur-unsur gambar model
3.1.2 Menjelaskan prinsip-prinsip menggambar model
3.1.3 Mendeskripsikan prosedur berkarya gambar model
3.1.4 Menjelaskan berbagai bahan dan teknik dalam menggambar model
4.1.1 Menggambar model dengan objek alam benda, flora, dan fauna dengan berbagai media dan teknik
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
a. Konsep dan prosedur menggambar model:
1) Pengertian menggambar model : kegiatan menggambar dengan menggunakan model (benda nyata) sebagai objek gambarnya
2) Objek gambar model : tumbuh-tumbuhan, manusia, binatang, dan alam benda
3) Unsur-unsur : garis, bentuk, warna, dan tekstur
4) Prinsip-prinsip gambar model : Proporsi, keseimbangan, keselarasan, dan kesatuan
b. Alat dan bahan menggambar model:
c. pensil, penghapus, kertas, dan cat air.
d. Prosedur Menggambar Model:
1) Memilih objek gambar model
2) Membuat sketsa dengan pensil
3) Menyelesaikan gambar dengan bahan dan teknik kering dan teknik basah
2. Materi Pembelajaran Pengayaan
a. Apresiasi gambar model dengan cat minyak dan akrilik
b. Proses menggambar alam benda, flora,dan fauna dengan teknik cat minyak atau akrilik.
c. Tugas menggambar alam benda, flora,dan fauna dengan teknik cat minyak atau akrilik.
3. Materi Pembelajaran Remedial
a. Review materi pembelajaran reguler
b. Tugas menggambar alam benda, flora,dan fauna dengan teknik cat minyak atau akrilik.
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama : 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
Dalam kegiatan pendahuluan guru :
1) memimpin peserta didik berdoa dilanjutkan dengan mempersiapkan buku siswa dan buku catatan untuk mengikuti pelajaran.
2) menunjukkan beberapa contoh karya gambar model untuk diamati dan ditanggapi peserta didik.
3) menjelaskan manfaat kompetensi menggambar model dalam kehidupan sehari-hari.
4) Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, cakupan materi, dan kegiatan belajar yang akan dilakukan.
5) menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan dalam proses pembelajaran.
b. Kegiatan inti (95 menit)
Pada kegiatan inti peserta didik didampingi guru melakukan langkah-langkah:
1) Mengamati:
a) mengamati contoh-contoh gambar model dengan objek alam benda, tumbuh-tumbuhan, manusia, dan binatang dalam berbagai bahan dan teknik.
b) membaca secara sekilas uraian tentang menggambar model di Buku Siswa.
2) Menanya:
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang konsep dan prosedur menggambar model, yaitu pengertian, unsur-unsur, kaidah-kaidah (prinsip-prinsip), bahan dan teknik, dan prosedur menggambar model.
3) Mencoba/mengumpulkan data/informasi:
membaca secara cermat Buku Siswa dan sumber-sumber yang lain, mengamati tayangan video, serta berdiskusi kelompok untuk memahami pengetahuan tentang keunikan, media (bahan dan alat), dan proses menggambar model.
4) Mengasosiasi/menganalisis data/informasi:
menggunakan data yang diperoleh melalui pengamatan contoh gambar model, membaca buku dan sumber lain, mangamati tayangan video, serta diskusi kelompok untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang menggambar model.
5) Mengkomunikasikan:
mempresentasikan jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tentang konsep dan prosedur menggambar model oleh masing-masing kelompok dalam diskusi kelas.
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
Pada kegiatan penutup guru :
1) bersama-sama peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran tentang menggambar model.
2) memberikan beberapa pertanyaan secara lisan tentang konsep dan prosedur menggambar model secara umum kepada peserta didik.
3) bersama-sama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
4) memberikan tugas peserta didi untuk menyiapkan bahan dan alat gambar yang akan digunakan untuk praktik menggambar model dengan cat air pada pertemuan kedua.
5) membimbing peserta didik untuk berdoa dan mengucapkan salam penutup.
2. Pertemuan Kedua (3 Jam Pelajaran)
a. Pendahuluan (10 menit )
Pada kegiatan pendahuluan guru :
1) memimpin peserta didik berdoa dilanjutkan dengan mempersiapkan buku siswa, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran.
2) menayangkan video tentang prosedur dan teknik menggambar alam benda dengan media pastel untuk diamati dan ditanggapi oleh peserta didik.
3) menjelaskan manfaat kompetensi menggambar alam benda dalam kehidupan sehari-hari.
4) menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, cakupan materi, dan kegiatan belajar yang akan dilakukan.
5) menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b. Kegiatan inti (100 menit)
Pada kegiatan inti peserta didik:
1) Mencipta:
Melaksanakan langkah-langkah menggambar alam benda, yaitu membuat sketsa dan menyelesaikannya dengan teknik kering (pensil warna).
2) Mengomunikasikan:
mempresentasikan hasil karya gambar alam benda di kelas untuk diapresiasi oleh peserta didik lainnya.
c. Penutup (10 menit)
Pada kegiatan penutup guru:
1) bersama peserta didik menyimpulkan prosedur dan teknik menggambar alam benda dengan teknik kering (pensil warna).
2) memberikan beberapa pertanyaan lisan kepada peserta didik tentang prosedur dan teknik menggambar alam benda dengan pensil warna.
3) bersama-sama dengan peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
4) memberikan tugas rumah kepada peserta didik untuk menggambar alam benda dengan pensil warna sebagai pengayaan dan pembelajaran remedial.
5) memberikan informasi kepada peserta didik tentang kegiatan pembelajaran berikutnya.
6) membimbing peserta didik untuk berdoa dan mengucapkan salam penutup.
3. Pertemuan Ketiga (3 Jam Pelajaran)
a. Pendahuluan (10 menit )
Pada kegiatan pendahuluan guru:
1) memimpin peserta didik berdoa dilanjutkan dengan mempersiapkan buku siswa, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran.
2) menayangkan video tentang prosedur dan teknik menggambar flora dengan media pastel untuk diamati dan ditanggapi oleh peserta didik.
3) menjelaskan manfaat kompetensi menggambar flora dalam kehidupan sehari-hari.
4) menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, cakupan materi, dan kegiatan belajar yang akan dilakukan.
5) menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b. Kegiatan inti (100 menit)
Pada kegiatan inti peserta didik didampingi guru :
1) Mencipta:
Melaksanakan langkah-langkah menggambar flora, yaitu membuat sketsa dan menyelesaikannya dengan teknik basah (cat air).
2) Mengomunikasikan:
mempresentasikan hasil gambar model di kelas untuk diapresiasi oleh peserta didik lainnya.
c. Penutup (10 menit)
Pada kegiatan penutup guru:
1) bersama peserta didik menyimpulkan prosedur dan teknik menggambar flora dengan cat air.
2) memberikan beberapa pertanyaan lisan kepada peserta didik tentang prosedur dan teknik menggambar flora dengan cat air.
3) bersama-sama dengan peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
4) memberikan tugas rumah kepada peserta didik untuk menggambar flora dengan cat air sebagai pengayaan dan pembelajaran remedial.
5) mencatat informasi guru tentang kegiatan pembelajaran berikutnya.
6) membimbing peserta didik untuk berdoa dan mengucapkan salam penutup.
4. Pertemuan Keempat
a. Pendahuluan (10 menit )
Pada kegiatan pendahuluan guru:
1) memimpin peserta didik berdoa dilanjutkan dengan mempersiapkan buku siswa, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran.
2) menayangkan video tentang prosedur dan teknik menggambar fauna dengan media pastel untuk diamati dan ditanggapi oleh peserta didik.
3) menjelaskan manfaat kompetensi menggambar fauna dalam kehidupan sehari-hari.
4) menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, cakupan materi, dan kegiatan belajar yang akan dilakukan.
5) menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b. Kegiatan inti (100 menit)
Pada kegiatan inti peserta didik:
1) Mencipta:
Melaksanakan langkah-langkah menggambar fauna, yaitu membuat sketsa dan menyelesaikannya dengan teknik kering (pastel).
2) Mengomunikasikan:
mempresentasikan hasil karya gambar fauna di kelas untuk diapresiasi oleh peserta didik lainnya.
c. Penutup (10 menit)
Pada kegiatan penutup, guru bersama peserta didik:
1) menyimpulkan prosedur dan teknik menggambar fauna dengan teknik kering (pastel).
2) melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3) memberikan tugas rumah kepada peserta didik untuk menggambar fauna dengan teknik pastel sebagai pengayaan dan pembelajaran remedial.
4) mencatat informasi guru tentang kegiatan pembelajaran berikutnya.
5) membimbing peserta didik untuk berdoa dan mengucapkan salam penutup.
F. Penilaian,Pembelajaran,Remidial, dan Pembelajaran
1. Penilaian
a. Kompetensi Sikap
1) Teknik Penilaian : observasi
2) Instrumen : lembar observasi (Lampiran 1)
b. Kompetensi Pengetahuan
1) Teknik Penilaian : tes tertulis
2) Instrumen : tes uraian (Lampiran 2)
c. Kompetensi Keterampilan
3) Teknik Penilaian : praktik
4) Instrumen : lembar tugas (Lampiran 3)
2. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran remedial dan pengayaan dilakukan dengan pekerjaan rumah menggambar model dengan objek lain yang sejenis dan teknik yang sama secara mandiri.
G. Media,Alat,Bahan,dan Sumber Pembelajaran
1. Media :
a. gambar-gambar contoh gambar model
b. video tentang prosedur dan teknik menggambar model dengan teknik kering dan teknik basah
c. objek tumbuh-tumbuhan untuk di gambar
2. Alat :
pensil, penghapus, cat air, dan kuas.
3. Sumber Belajar:
a. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/Mts Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Hal. ...).
b. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Seni Budaya untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Hal1 s/d 17)
Sekolah : SMP …
Matapelajaran : Seni Budaya( Seni Rupa)
Kelas/Semester : VIII/ Satu
Alokasi Waktu : 4 Pertemuan ( 12 JP )
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba ,mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang
B. Kompetensi Dasar (KD)
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugrah Tuhan
2.1 Menunjukan sikap menghargai, jujur, disiplin,melalui aktifitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
3.1 Memahami konsep dan prosedur menggambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik
4.1 Menggambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1 Menghargai keindahan karya gambar model sebagai anugerah Tuhan
1.1.2 Menghargai kemampuan berkreasi menggambar model sebagai anugerah Tuhan
2.1.1 Menghargai gambar model hasil kreasi orang lain
2.1.2 Berdisiplin dalam berkreasi menggambar model
2.2.1 Bertanggung jawab dalam berkreasi menggambar model
3.1.1 Mengidentifikasi unsur-unsur gambar model
3.1.2 Menjelaskan prinsip-prinsip menggambar model
3.1.3 Mendeskripsikan prosedur berkarya gambar model
3.1.4 Menjelaskan berbagai bahan dan teknik dalam menggambar model
4.1.1 Menggambar model dengan objek alam benda, flora, dan fauna dengan berbagai media dan teknik
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
a. Konsep dan prosedur menggambar model:
1) Pengertian menggambar model : kegiatan menggambar dengan menggunakan model (benda nyata) sebagai objek gambarnya
2) Objek gambar model : tumbuh-tumbuhan, manusia, binatang, dan alam benda
3) Unsur-unsur : garis, bentuk, warna, dan tekstur
4) Prinsip-prinsip gambar model : Proporsi, keseimbangan, keselarasan, dan kesatuan
b. Alat dan bahan menggambar model:
c. pensil, penghapus, kertas, dan cat air.
d. Prosedur Menggambar Model:
1) Memilih objek gambar model
2) Membuat sketsa dengan pensil
3) Menyelesaikan gambar dengan bahan dan teknik kering dan teknik basah
2. Materi Pembelajaran Pengayaan
a. Apresiasi gambar model dengan cat minyak dan akrilik
b. Proses menggambar alam benda, flora,dan fauna dengan teknik cat minyak atau akrilik.
c. Tugas menggambar alam benda, flora,dan fauna dengan teknik cat minyak atau akrilik.
3. Materi Pembelajaran Remedial
a. Review materi pembelajaran reguler
b. Tugas menggambar alam benda, flora,dan fauna dengan teknik cat minyak atau akrilik.
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama : 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
Dalam kegiatan pendahuluan guru :
1) memimpin peserta didik berdoa dilanjutkan dengan mempersiapkan buku siswa dan buku catatan untuk mengikuti pelajaran.
2) menunjukkan beberapa contoh karya gambar model untuk diamati dan ditanggapi peserta didik.
3) menjelaskan manfaat kompetensi menggambar model dalam kehidupan sehari-hari.
4) Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, cakupan materi, dan kegiatan belajar yang akan dilakukan.
5) menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan dalam proses pembelajaran.
b. Kegiatan inti (95 menit)
Pada kegiatan inti peserta didik didampingi guru melakukan langkah-langkah:
1) Mengamati:
a) mengamati contoh-contoh gambar model dengan objek alam benda, tumbuh-tumbuhan, manusia, dan binatang dalam berbagai bahan dan teknik.
b) membaca secara sekilas uraian tentang menggambar model di Buku Siswa.
2) Menanya:
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang konsep dan prosedur menggambar model, yaitu pengertian, unsur-unsur, kaidah-kaidah (prinsip-prinsip), bahan dan teknik, dan prosedur menggambar model.
3) Mencoba/mengumpulkan data/informasi:
membaca secara cermat Buku Siswa dan sumber-sumber yang lain, mengamati tayangan video, serta berdiskusi kelompok untuk memahami pengetahuan tentang keunikan, media (bahan dan alat), dan proses menggambar model.
4) Mengasosiasi/menganalisis data/informasi:
menggunakan data yang diperoleh melalui pengamatan contoh gambar model, membaca buku dan sumber lain, mangamati tayangan video, serta diskusi kelompok untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang menggambar model.
5) Mengkomunikasikan:
mempresentasikan jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tentang konsep dan prosedur menggambar model oleh masing-masing kelompok dalam diskusi kelas.
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
Pada kegiatan penutup guru :
1) bersama-sama peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran tentang menggambar model.
2) memberikan beberapa pertanyaan secara lisan tentang konsep dan prosedur menggambar model secara umum kepada peserta didik.
3) bersama-sama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
4) memberikan tugas peserta didi untuk menyiapkan bahan dan alat gambar yang akan digunakan untuk praktik menggambar model dengan cat air pada pertemuan kedua.
5) membimbing peserta didik untuk berdoa dan mengucapkan salam penutup.
2. Pertemuan Kedua (3 Jam Pelajaran)
a. Pendahuluan (10 menit )
Pada kegiatan pendahuluan guru :
1) memimpin peserta didik berdoa dilanjutkan dengan mempersiapkan buku siswa, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran.
2) menayangkan video tentang prosedur dan teknik menggambar alam benda dengan media pastel untuk diamati dan ditanggapi oleh peserta didik.
3) menjelaskan manfaat kompetensi menggambar alam benda dalam kehidupan sehari-hari.
4) menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, cakupan materi, dan kegiatan belajar yang akan dilakukan.
5) menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b. Kegiatan inti (100 menit)
Pada kegiatan inti peserta didik:
1) Mencipta:
Melaksanakan langkah-langkah menggambar alam benda, yaitu membuat sketsa dan menyelesaikannya dengan teknik kering (pensil warna).
2) Mengomunikasikan:
mempresentasikan hasil karya gambar alam benda di kelas untuk diapresiasi oleh peserta didik lainnya.
c. Penutup (10 menit)
Pada kegiatan penutup guru:
1) bersama peserta didik menyimpulkan prosedur dan teknik menggambar alam benda dengan teknik kering (pensil warna).
2) memberikan beberapa pertanyaan lisan kepada peserta didik tentang prosedur dan teknik menggambar alam benda dengan pensil warna.
3) bersama-sama dengan peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
4) memberikan tugas rumah kepada peserta didik untuk menggambar alam benda dengan pensil warna sebagai pengayaan dan pembelajaran remedial.
5) memberikan informasi kepada peserta didik tentang kegiatan pembelajaran berikutnya.
6) membimbing peserta didik untuk berdoa dan mengucapkan salam penutup.
3. Pertemuan Ketiga (3 Jam Pelajaran)
a. Pendahuluan (10 menit )
Pada kegiatan pendahuluan guru:
1) memimpin peserta didik berdoa dilanjutkan dengan mempersiapkan buku siswa, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran.
2) menayangkan video tentang prosedur dan teknik menggambar flora dengan media pastel untuk diamati dan ditanggapi oleh peserta didik.
3) menjelaskan manfaat kompetensi menggambar flora dalam kehidupan sehari-hari.
4) menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, cakupan materi, dan kegiatan belajar yang akan dilakukan.
5) menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b. Kegiatan inti (100 menit)
Pada kegiatan inti peserta didik didampingi guru :
1) Mencipta:
Melaksanakan langkah-langkah menggambar flora, yaitu membuat sketsa dan menyelesaikannya dengan teknik basah (cat air).
2) Mengomunikasikan:
mempresentasikan hasil gambar model di kelas untuk diapresiasi oleh peserta didik lainnya.
c. Penutup (10 menit)
Pada kegiatan penutup guru:
1) bersama peserta didik menyimpulkan prosedur dan teknik menggambar flora dengan cat air.
2) memberikan beberapa pertanyaan lisan kepada peserta didik tentang prosedur dan teknik menggambar flora dengan cat air.
3) bersama-sama dengan peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
4) memberikan tugas rumah kepada peserta didik untuk menggambar flora dengan cat air sebagai pengayaan dan pembelajaran remedial.
5) mencatat informasi guru tentang kegiatan pembelajaran berikutnya.
6) membimbing peserta didik untuk berdoa dan mengucapkan salam penutup.
4. Pertemuan Keempat
a. Pendahuluan (10 menit )
Pada kegiatan pendahuluan guru:
1) memimpin peserta didik berdoa dilanjutkan dengan mempersiapkan buku siswa, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran.
2) menayangkan video tentang prosedur dan teknik menggambar fauna dengan media pastel untuk diamati dan ditanggapi oleh peserta didik.
3) menjelaskan manfaat kompetensi menggambar fauna dalam kehidupan sehari-hari.
4) menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, cakupan materi, dan kegiatan belajar yang akan dilakukan.
5) menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b. Kegiatan inti (100 menit)
Pada kegiatan inti peserta didik:
1) Mencipta:
Melaksanakan langkah-langkah menggambar fauna, yaitu membuat sketsa dan menyelesaikannya dengan teknik kering (pastel).
2) Mengomunikasikan:
mempresentasikan hasil karya gambar fauna di kelas untuk diapresiasi oleh peserta didik lainnya.
c. Penutup (10 menit)
Pada kegiatan penutup, guru bersama peserta didik:
1) menyimpulkan prosedur dan teknik menggambar fauna dengan teknik kering (pastel).
2) melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3) memberikan tugas rumah kepada peserta didik untuk menggambar fauna dengan teknik pastel sebagai pengayaan dan pembelajaran remedial.
4) mencatat informasi guru tentang kegiatan pembelajaran berikutnya.
5) membimbing peserta didik untuk berdoa dan mengucapkan salam penutup.
F. Penilaian,Pembelajaran,Remidial, dan Pembelajaran
1. Penilaian
a. Kompetensi Sikap
1) Teknik Penilaian : observasi
2) Instrumen : lembar observasi (Lampiran 1)
b. Kompetensi Pengetahuan
1) Teknik Penilaian : tes tertulis
2) Instrumen : tes uraian (Lampiran 2)
c. Kompetensi Keterampilan
3) Teknik Penilaian : praktik
4) Instrumen : lembar tugas (Lampiran 3)
2. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran remedial dan pengayaan dilakukan dengan pekerjaan rumah menggambar model dengan objek lain yang sejenis dan teknik yang sama secara mandiri.
G. Media,Alat,Bahan,dan Sumber Pembelajaran
1. Media :
a. gambar-gambar contoh gambar model
b. video tentang prosedur dan teknik menggambar model dengan teknik kering dan teknik basah
c. objek tumbuh-tumbuhan untuk di gambar
2. Alat :
pensil, penghapus, cat air, dan kuas.
3. Sumber Belajar:
a. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Guru Seni Budaya untuk SMP/Mts Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Hal. ...).
b. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Seni Budaya untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Hal1 s/d 17)
0 Komentar