RPP Seni Budaya (Seni Teater) SMP Kelas VIII Semester Ganjil Kurikulum 2013

04.29

baca juga

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah         : SMP ………………..
Mata Pelajaran         : Seni Budaya (Seni Teater)
Kelas/Semester : VIII / 1 (satu)
Alokasi Waktu             : 4 x pertemuan (12 JP)

A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan , teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari  sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar 
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni teater daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan 

    2.1  Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian

 2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap naskah
    3.1  Memahami penerapan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa yang    mengacu pada sumber budaya tradisional 
    3.2  Memahami teknik membuat naskah drama dari sumber budaya tradisional 
    4.1  Menerapkan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber budaya tradisional 
    4.2   Membuat naskah drama secara sederhana dari sumber budaya tradisional 

C. Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator KD. 1.1 :
1.1.1 Memberikan tanggapan positif terhadap keragaman dan keunikan seni teater daerah di Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
1.1.2 Menghargai keragaman dan keunikan seni teater daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan

Indikator KD. 2.1 :
2.1.1  Menghargai orang lain dalam berapresiasi/berkreasi seni
2.1.2  Mewujudkan  ide dan  gagasan secara jujur dalam aktivitas berkesenian
2.1.3  Disiplin dalam melakukan aktivitas berkesenian
Indikator KD. 2.2 :
2.2.1  Bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas 
2.2.2  Peduli terhadap karya sendiri maupun karya orang lain

Indikator KD. 3.1 :
3.1.1  Mengidentifikasi karakteristik dan keunikan seni peran teater tradisional
3.1.2  Mendeskripsikan teknik oleh tubuh, yang bersumber pada teater tradisional 
3.1.3  Mengidentifikasi teknik olah suara yang bersumber pada teater tradisional
3.1.4  Mendeskripsikan teknik olah suara yang bersumber pada teater tradisional
3.1.5  Mendeskripsikan teknik olah rasa yang bersumber pada teater tradisional

Indikator KD. 3.2 :
3.2.1  Mengidentifikasi teknik penyusunan naskah teater yang bersumber pada teater tradisional
3.2.2  Menjelaskan teknik membuat naskah teater yang bersumber pada teater tradisional

Indikator KD. 4.1 :
4.1.1  Memeragakan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang bersumber pada teater tradisional
4.1.2  Memeragakan teknik pernafasan, produksi suara, dan pengucapan dialog  yang bersumber pada teater tradisional
4.1.3  Memeragakan teknik olah rasa yang bersumber pada teater tradisional

Indikator KD. 4.2 :
4.2.1  Menyusun kerangka naskah pertunjukan teater  yang bersumber pada teater tradisional
4.2.2  Menyusun naskah drama secara sederhana yang bersumber pada cerita/budaya tradisional
4.2.3 Mengomunikasikan naskah drama sederhana yang telah disusun


D. Materi Pembelajaran  
1. Materi Pembelajaran Reguler
a. Mengenal seni peran teater tradisional
b. Karakteristik teater tradisional
1). Teater rakyat
2). Teater klasik
3). Teater transisi
c. Ciri dan fungsi seni teater tradisional
d. Keunikan seni peran teater tradisional
e. Teknik olah tubuh pada teater tradisional
f. Latihan teknik olah tubuh
g. Teknik  olah suara yang bersumber pada teater tradisional
h. Latihan teknik olah suara
i. Teknik olah rasa yang bersumber pada teater tradisional
j. Latihan teknik olah rasa
k. Menyusun kerangka naskah pertunjukan teater
l. Teknik menyusun naskah pertunjukan teater yang bersumber pada teater tradisional

2 Materi  Pembelajaran Remedial
a. Menerapkan gabungan Teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa pada teater tradisional
b. Membuat kerangka naskah pertunjukan teater
c. Membuat naskah pertunjukan teater yang bersumber pada teater tradisional

3 Materi  Pembelajaran Pengayaan
a. Membuat kerangka naskah pertunjukan teater rakyat 
b.  Merancang naskah pertunjukan teater klasik dan transisi


E. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama:  3 JP 
1. Kegiatan Pendahuluan  (15 menit )
Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
a. Memimpin berdoa bersama, dan dilanjutkan presensi
b. Meminta peserta didik mempersiapkan buku siswa, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
c. Mengingatkan peserta didik tentang kompetensi tentang teknik akting  yang sudah dipelajari di kelas VII. 
d. Menayangan beberapa potongan video pendek yang dapat memberikan gambaran tentang keragaman, keunikan dan karakteristik teater tradisional 
e. Menyampaikan cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan.
f. Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.

2. Kegiatan inti (90 menit)
Dengan bimbingan guru peserta didik melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
a. Mengamati : 
Peserta didik menyaksikan potongan tayangan video pertunjukan teater tradisional dan membaca buku seni budaya kelas VIII, K-13 pada halaman 123 s.d 129 dan atau membaca literatur (buku penunjang) yang menggambarkan tentang keragamam dan keunikan pertunjukan teater tradisional di Indonesia serta mengidentifikasi perbedaan karakteristik, perbedaan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang digunakan.
b. Menanya:  
Peserta didik merumuskan dan mendiskusikan pertanyaan tentang keragaman, keunikan, dan karakteristik  pertunjukan teater tradisional. Misalnya: apa yang menyebabkan perbedaan karakteristik antara teater tradisional satu daerah dengan daerah lain, apakah terdapat perbedaan fungsi pertunjukannya, bagaimana perbedaan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang digunakan
c. Mencoba/ mengumpulkan data atau informasi dengan cara mendiskusikan karakteristik, teknik pemeranan, ciri dan fungsi pertunjukan teater tradisional, dalam kelompok kecil (3 s.d 4 orang) serta mencari informasi dari media cetak maupun elektronik
d. Mengasosiasi/mengolah data atau informasi: peserta didik mengolah data/informasi yang relevan dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang belum dipahami dan mengkonfirmasi pengetahuan yang diperoleh
e. Mengomunikasikan: 
1) Peserta didik mempresentasikan jawaban terhadap pertanyaan yang dirumuskan secara berkelompok dan kelompok lain menanggapi
2) Peserta didik memeragakan teknik olah tubuh secara kelompok yang bersumber pada teater tradisional 

3. Kegiatan Penutup (15 menit)
a. Dengan atau tanpa bantuan guru, peserta didik membuat simpulan/rangkuman tentang keragaman dan keunikan, karakteristik, teknik pemeranan dalam pertunjukan teater tradisional di Indonesia.
b. Bersama-sama guru, peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil yang telah dicapai dalam pembelajaran 
c. Peserta didik menerima umpan balik keterlibatannya dalam proses dan hasil pembelajaran
d. Peserta didik mengikuti penilaian
e. Peserta didik Mengkuti pembelajaran remedi atau program pengayaan atau memperoleh layanan konseling dan/atau mengerjakan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajarmasing-masing. 
f. Guru menyampaika  kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan  Kedua: 3 JP
1. Kegiatan Pendahuluan  (15 menit)

 Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
a. Memimpin berdoa bersama, dan dilanjutkan presensi
b. Meminta peserta didik mempersiapkan buku siswa, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
c. Mengingatkan peserta didik tentang kompetensi tentang teknik olah tubuh, oleh suara dan olah rasa yang sudah dipelajari di kelas VII. 
e. Menyampaikan cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan.
f. Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.



2. Kegiatan inti (90 menit)

Dengan bimbingan guru peserta didik melakukan langkah-langkah sebagai berikut.
a. Mengamati: 
Peserta didik menyaksikan tayangan video pertunjukan teater dan atau membaca literature (buku referensi) yang menggambarkan tentang keragamam dan keunikan pertunjukan teater tradisional di Indonesia serta mengidentifikasi perbedaan karakteristik ditinjau dari teknik olah suara
b. Menanya:
Peserta didik merumuskan dan mendiskusikan pertanyaan tentang perbedaan karakteristik pertunjukan teater tradisional ditinjau dari teknik olah suara (bahasa, gaya/dialek, diksi) yang digunakan
c. Mengumpulkan data atau informasi 
Dengan cara mendiskusikan teknik olah suara (bahasa, gaya/dialek, diksi) yang digunakan dalam pertunjukan teater tradisional secara berkelompok (3 s.d 4 orang) serta mencari informasi dari media cetak maupun elektronik
d. Mengasosiasi/mengolah data atau informasi: 
Menganalisis informasi yang diperoleh dan menarik kesimpulan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan cara membaca dan  melakukan latihan olah suara dengan cara menyanyikan lagu-lagu tradisional, atau lagu-lagu dolanan (permainan) sesuai karakteristik daerah 
e. Mengomunikasikan: 
1) Mempresentasikan pengetahuan yang diperoleh dalam diskusi kelas secara berkelompok dan kelompok lainnya menanggapi
2) Memeragakan teknik pernafasan, produksi suara, dan pengucapan dialog yang bersumber pada teater tradisional

3. Kegiatan Penutup (15 menit)

a. Dengan atau tanpa bantuan guru, peserta didik  membuat simpulan/rangkuman tentang keragaman dan keunikan, karakteristik, teknik pemeranan dalam pertunjukan teater tradisional di Indonesia ditinjau dari teknik olah suara
b. Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil yang telah dicapai dalam pembelajaran 
c. PesertaMenerima umpan balik keterlibatannya dalam proses dan hasil pembelajaran
d. Peserta didik mengikuti penilaian
e. Peserta didik mengikuti pembelajaran remedi atau program pengayaan atau memperoleh layanan konseling dan/atau mengerjakan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajarmasing-masing. 
f. Guru menyampaikan  kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
b. Guru memimpin doa dan mengucapkan salam.

                 Pertemuan Ketiga: 3 JP
1. Kegiatan Pendahuluan  (15 menit )

Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
a. Memimpin berdoa bersama, dan dilanjutkan presensi
b. Meminta peserta didik mempersiapkan buku siswa, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
c. Mengingatkan peserta didik tentang kompetensi tentang teknik olah tubuh dan olah suara pada seni teater tradisional yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
e. Menyampaikan cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan.
f. Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.

2. Kegiatan Inti (90 menit)
   
a. Mengamati: 
Menyaksikan potongan tayangan video pertunjukan teater dan /atau membaca literature yang menggambarkan tentang keragamam dan keunikan pertunjukan teater tradisional di Indonesia.
b. Menanya: 
Merumuskan dan mendiskusikan pertanyaan tentang perbedaan karakteristik pertunjukan teater tradisional ditinjau dari teknik olah rasa
c. Mencoba/ mengumpulkan data atau informasi 
Dengan cara mendiskusikan teknik olah rasa yang digunakan dalam pertunjukan teater tradisional secara berkelompok (3 s.d 4 orang) serta mencari informasi dari media cetak maupun elektronik
d. Mengasosiasi/mengolah data atau informasi/mengeksplorasi: 
Dengan melakukan latihan improvisasi dan spontanitas, merespon suatu peristiwa, baik berupa dialog maupun tingkah laku. 
e. Mengomunikasikan: 
1) Mempresentasikan pengetahuan dan keterampilan tentang olah rasa hasil dari latihan dan diskusi kelompok
2) Memeragakan teknik olah rasa yang bersumber pada teater tradisional



1. Kegiatan Penutup (15 menit)

a. Dengan atau tanpa bantuan guru, peserta didik membuat simpulan/rangkuman tentang keragaman dan keunikan, karakteristik, teknik pemeranan dalam pertunjukan teater tradisional di Indonesia 
b. Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil yang telah dicapai dalam pembelajaran 
c. Peserta didik menerima umpan balik keterlibatannya dalam proses dan hasil pembelajaran
d. Peserta didik mengikuti penilaian
e. Peserta didik mengikuti pembelajaran remedi atau program pengayaan atau memperoleh layanan konseling dan/atau mengerjakan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajarmasing-masing. 
f. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
g. Guru memimpin doa dan mengucapkan salam.

Pertemuan  Keempat : 3 JP 
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
a. Memimpin berdoa bersama, dan dilanjutkan presensi
b. Meminta peserta didik mempersiapkan buku siswa, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran dengan menyenangkan.
c. Mengingatkan peserta didik tentang kompetensi tentang teknik tubuh, olah suara dan  olah rasa pada seni teater tradisional yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. 
d. Menyampaikan contoh naskah teater tradisional di Indonesia agar dapat mendorong peserta didik untuk memberikan tanggapan awal tentang penyusunan naskah teater
e. Menyampaikan cakupan materi dan kegiatan belajar yang akan dilakukan.
f. Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan yang disampaikan oleh guru.


2. Kegiatan Inti (90 menit)

a. Mengamati: 
Menyaksikan tayangan video pertunjukan teater dan /atau membaca literature yang menggambarkan tentang keragamam dan keunikan pertunjukan teater tradisional di Indonesia serta mengidentifikasi tatacara penyusunan naskah teater
b. Menanya: 
Merumuskan dan mendiskusikan pertanyaan tentang teknik penyusunan naskah teater, misalnya bagaimana menentukan tema, menyusun dialog,  dan menentukan latar peristiwa. 
c. Mengumpulkan data atau informasi: 
Mengumpulkan data dilakukan dengan cara mendiskusikan teknik penyusunan naskah  yang bersumber dari teater tradisional secara berkelompok (3 s.d 4 orang) serta mencari informasi dari media cetak maupun elektronik untuk memperkaya pengetahuan
d. Mengasosiasi/mengolah data atau informasi: 
Menganalisis informasi yang diperoleh dan menarik kesimpulan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai perolehan tentang teknik menyusun naskah teater yang bersumber dari cerita tradisional.
e. Mengomunikasikan: 
Mempresentasikan pengetahuan yang telah diperoleh dalam diskusi kelas dan saling memberikan masukan.
f. Mencipta:
 Menyusun kerangka naskah teater yang bersumber pada cerita (legenda, mitos, dongeng) daerah di Indonesia dan mengembangkannya menjadi naskah teater sederhana.
g. Mengomunikasikan: 
Mempresentasikan naskah drama yang telah disusun

3. KegiatanPenutup (15 menit)

a. Dengan  bantuan guru, peserta didik membuat simpulan/rangkuman  tentang keragaman dan keunikan, karakteristik, penyusunan naskah teater tradisional
b. Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil yang telah dicapai dalam pembelajaran 
c. Peserta didik menerima umpan balik keterlibatannya dalam proses dan hasil pembelajaran
d. Peserta didik mengikuti penilaian
e. Peserta didik mengkuti pembelajaran remedi atau program pengayaan atau memperoleh layanan konseling dan/atau mengerjakan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajarmasing-masing. 
f.      Guru menyampaikan  kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
g. Guru memimpin doa dan mengucapkan salam.


F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Kompetensi Sikap Spiritual
a. Teknik Penilaian : Observasi
b. Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
c. Kisi-Kisi :
No. Butir Nilai (Sikap Spiritual) Indikator Jumlah Butir
1. Menghargai keragaman dan keunikan karya seni teater daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap Anugerah Tuhan 
Memberikan tanggapan positif terhadap keragaman dan keunikan seni teater daerah di Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 1
  Menghargai keragaman dan keunikan seni teater daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
  1
d. Instrumen: (Terlampir)
e. Petunjuk penghitungan skor: (Terlampir)

2. Kompetensi Sikap Sosial
a. Teknik Penilaian : Observasi
b. Bentuk Instrumen : Lembar Observasi

c. Kisi-Kisi :
No. Butir Nilai (Sikap Sosial) Indikator Jumlah Butir
1. Jujur
Mewujudkan  ide dan  gagasan sejara jujur dalam aktivitas berkesenian, tidak mencontek ide/gagasan orang lain 1
  Mengakui kekurangan yang dimiliki.
1
2. Disiplin Hadir di kelas tepat waktu
1
  Mengikuti latihan olah tubuh, olah suara,dan olah rasa dengan sungguh-sungguh.
1
3 Tanggung Jawab Membuat naskah pertunjukan teater sesuai dengan acuan dan jadwal yang ditentukan 1
4 Peduli Peduli terhadap karya sendiri maupun karya orang lain, tidak merusak dan selalu menjaganya 1
d. Instrumen: (Terlampir)
e. Petunjuk penghitungan skor: (Terlampir)

3. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
a. Teknik Penilaian : Tes Tertulis
b. Bentuk Instrumen : Tes Isian Singkat dan Tes Uraian Objektif
c. Kisi-Kisi :

1) Tes Isian Singkat
No. Indikator No. Butir 
1. Mengidentifikasi karakteristik dan keunikan seni peran (teater) tradisional di Indonesia A: 1-4
2. Mendeskripsikan teknik olah tubuh, yang bersumber pada teater tradisional A: 5-6
3. Mendeskripsikan teknik olah suara yang bersumber pada teater tradisional A: 7
4. Mendeskripsikan teknik olah rasa yang bersumber pada teater tradisional A: 8-10
2) Tes Uraian 
No. Indikator No. Butir 
1. Mendeskripsikan ciri-ciri dan fungsi teater tradisional B: 1
2. Mendeskripsikan keunikan latihan dasar seni peran teater tradisional B: 2
d. Instrumen:  (Lampiran 2)

e. Pedoman penyekoran :

1). Tes Isian Singkat
Setiap jawaban benar diberi skor 1, sedangkan jawaban salah diberi skor 0. Soal A berkisar antara 0 sampai 10. 

2). Tes Uraian 
Skor untuk jawaban setiap soal tes uraian  berkisar antara 0 sampai 5, sehingga skor untuk Soal B berkisar antara 0 – 10. Dengan demikian skor tes kompetensi pengetahuan pada tes uraian singkat berkisar antara 0 sampai 10, sedangkan pada soal tes uraian selanjutnya, skor tes kompetensi pengetahuan yang diperoleh peserta didik dikonversikan ke dalam nilai dengan skala 0 – 100 dengan rumus sebagai berikut:

Skor Akhir = Skor yang diperoleh
Skor maksimal ideal (10) X 100

Skor akhir tersebut kemudian dikonversi ke dalam nilai dengan rentang 1 – 4 dengan rumus sebagai berikut:
Nilai Akhir = Nilai hasil konversi X  4
  Skor maksimal ideal (100)  

Nilai akhir tersebut kemudian dikonversikan ke dalam predikat dengan acuan sebagai berikut.
No. Nilai Predikat
1 3,85 < x ≤ 4,00 A
2 3,51 < x ≤ 3,84 A-
3 3,18 < x ≤ 3,50 B+
4 2,85 < x ≤ 3,17 B
5 2,51 < x ≤ 2,84 B-
6 2,18 < x ≤ 2,50 C+
7 1,85 < x ≤ 2,17 C
8 1,51 < x ≤ 1,84 C-
9 1,18 < x ≤ 1,50 D+
10 1,00 ≤ x ≤ 1,17 D

3. Penilaian Keterampilan
a. Teknik Penilaian : Tes praktik
b. Bentuk Instrumen : Tes uji petik kerja
c. Kisi-kisi                :
No. Indikator No. Butir 
1. Memeragakan teknik olah tubuh dengan baik 1
2. Memeragakan teknik olah suara dengan baik (teknik pernafasan, produksi suara, dan pengucapan dialog) 2
3. Memeragakan teknik olah rasa dengan baik (imajinasi, emosi, spontanitas dan improvisasi) 3
          Instrumen: lihat Lampiran 4

G. Media /Alat, Bahan dan Sumber Belajar

1. Media :
a. Video pertunjukan teater tradisional 
b. Berbagai literatur pertunjukan teater tradisional dari media cetak maupun elektronik
2. Bahan/Alat : LCD/Proyektor
3. Sumber Belajar :
a. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2014). Seni Budaya SMP/MTs Kelas VIII. Buku siswa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.hal 123 sd 136
b. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2014). Seni Budaya SMP/MTs Kelas VIII. Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal...
c. Referensi : Berbagai sumber yang memiliki korelasi dengan materi pembelajaran
d. Lingkungan alam: suara gemericik air, daun tertiup angin, kicauan burung, dll.

Previous
Next Post »
0 Komentar

Category

Agama (2) Bahan Ajar (1) Bahasa Indonesia (2) Bahasa Inggris (2) Bank Soal (9) Download (10) E-Rapot (2) IPS (3) Kisi-Kisi (10) Matematika (3) Pedoman (1) Penilaian (2) Permendikbud (1) PKn (2) POS (1) PTK (1) RPP (4) Seni Budaya (3) Soal (3) Ujian Nasional (4) UN (2) USBN (9)