RPP Seni Budaya (Seni Tari) SMP Kelas VIII Semester Ganjil Kurikulum 2013

04.26

baca juga

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah    : SMP ......................
Mata Pelajaran    : Seni Budaya (Seni Tari)
Kelas/semester : VIII/Satu
Alokasi Waktu                 : 6 pertemuan (6X3X 40 menit)


A. KOMPETENSI INTI (KI)
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.     Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.     Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah kongkrit (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. KOMPETENSI DASAR (KD)
1.1  Menerima, menanggapi, dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni tari daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1  Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
3.1  Memahami keunikan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
4.1  Merangkai gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari

C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Indikator KD 1.1:
1.1.1 Menerima keragaman dan keunikan karya seni tari daerah sebagai perwujudan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
1.1.2 Menghargai  keragaman dan keunikan karya seni tari daerah sebagai perwujudan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
Indikator KD 2.1:
2.1.1  Menghargai orang lain dalam setiap aktivitas pembelajaran
2.1.2  Berperilaku Jujur dalam setiap aktivitas pembelajaran
2.1.3  Berperilaku disiplin dalam setiap kegiatan pembelajaran
Indikator KD 3.1:
3.1.1  Mengidentifikasi ciri-ciri gerak tari tradisional daerah setempat
3.1.2. Menjelasakan teknik merangkai gerak tari tradisional
3.1.3. Menjelaskan pengertian pola lantai pada tari tunggal dan tari kelompok
3.1.4. Menjelaskan  teknik membuat pola lantai pada tari kelompok
3.1.5. Menjelaskan teknik menggabungkan musik iringan dan gerak tari
Indikator KD 4.1:
4.1.1  Memperagakan ragam gerak tari tradisional
4.1.2. Merangkai ragam gerak tari tradisional menjadi bentuk baru
4.1.3.  Menggambarkan rancangan pola lantai
4.1.4.  Memperagakan gerak tari sederhana hasil rangkaiannya sendiri dengan pola lantai
4.1.5.  Memperagakan gerak tari sederhana hasil rangkaiannya sendiri dengan pola lantai dan iringan

D. MATERI PEMBELAJARAN
1.  Materi pembelajaran reguler : MERAGAKAN GERAK TARI TRADISIONAL
a.   Komponen-komponen gerak
1) Gerak kepala
2) Gerak tangan dan jari tangan
3) Gerak badan
4) Gerak kaki
b.  Ciri-ciri Gerak tari Tradisional Daerah Setempat
1) Ciri umum
2) Ciri gerak kepala
3) Ciri gerak tangan dan jari tangan
4) Ciri gerak badan
5) Ciri gerak kaki
c.  Pola Lantai Tari Tradisional
1) Pengertian pola lantai pada tari tunggal dan tari kelompok
2) Menggambarkan pola lantai
d.  Teknik merangkai  gerak  tari tradisional dengan pola lantai dan iringan
1) Rangkaian gerak dengan sendi (gerak penghubung)
2) Rangkaian gerak tanpa sendi
e.  Meragakan Gerak Tari Tradisional dengan pola lantai dan iringan
1) Teknik Gerak
2) Intensitas Gerak
3) Hafalan
4) Peragaan gerak tari kelompok dengan pola lantai
5) Peragaan gerak tari kelompok dengan pola lantai dan iringan

2.  Materi pembelajaran remedial: Meragakan Gerak Tari Tradisional
a. Teknik Gerak
b. Intensitas Gerak

3.  Materi pembelajaran pengayaan: Meragakan Gerak Tari Tradisional dengan Pola Lantai
a. Menyusun pola lantai kelompok pada tari tradisional dengan level
b. Meragakan gerak tari kelompok dengan pola lantai dan level


E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama: 3 JP
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
Dalam kegiatan pendahuluan guru:
Memimpin peserta didik berdoa bersama dilanjutkan dengan presensi.
Memaparkan fenomena antusiasnya orang asing untuk mempelajari tari-tarian tradisional Indonesia dengan cerita, foto-foto dan komentar-komentar kekaguman orang asing terhadap seni tari tradisional Indonesia.
Memfasilitasi peserta didik mencoba mengenali foto tari-tarian tradisional yang ada pada Buku Siswa halaman 74-76 dan memberikan feedback terhadap jawaban peserta didik.
Memberikan pengantar tentang garis besar cakupan materi, kegiatan yang akan dilakukan, dan teknik penilaian.

2. Kegiatan Inti (90 menit)
Mengamati
Peserta didik dengan difasilitasi oleh guru mengamati dua contoh tayangan video tari tradisional dari daerah setempat
Menanya
Peserta didik didampingi oleh guru mempertanyakan ciri- ciri tari tradisional daerah setempat berdasarkan tayangan video tari tradisional dari daerah setempat.
Mengumpulkan Data/Informasi
Peserta didik membentuk kelompok dengan anggota empat/lima  orang
Peserta didik bersama-sama menggali sumber informasi tambahan di perpustakaan
Mengasosiasi
Peserta didik mendiskusikan ciri-ciri gerak kepala, tangan, kaki, badan, dan ekspresi muka tari daerah setempat yang diamatinya melalui video dan sumber-sumber relevan.
Mengomunikasikan
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas; kelompok lain yang tidak presentasi memberikan tanggapan.

3. Kegiatan Penutup (15 menit)
Peserta didik memperhatikan umpan balik  yang diberikan oleh guru
Guru dan peserta didik  melakukan refleksi bersama
Peserta didik mencatat tugas rumah yaitu memilih salah satu ragam gerak tari tradisional yang disukainya untuk diragakan.
Guru dan peserta didik  mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan do’a bersama.

Pertemuan Kedua :3 JP
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
Dalam kegiatan pendahuluan guru:
Memimpin berdoa bersama dilanjutkan dengan presensi.
  Memfasilitasi peserta didik untuk memperagakan ragam gerak yang telah dipilih dan dilatihnya di rumah secara bersama-sama diiringi hitungan guru
  Memberikan penguatan terhadap hasil yang telah dicapai oleh peserta didik.
Menjelaskan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.

2. Kegiatan Inti (95 menit)
Mengamati
Peserta didik memperhatikan penjelasan dan pemodelan guru tentang teknik merangkai gerak tari baik dengan sendi (gerak penghubung) maupun tanpa sendi (gerak penghubung).
Menanya
Peserta didik mempertanyakan teknik merangkai gerak tari hasil tugas rumahnya menjadi karya tari kelompok
Mengumpulkan Data/Informasi
Peserta didik berkelompok sesuai kelompoknya seperti pada pertemuan sebelumnya.
Peserta didik secara berkelompok mengidentifikasi ragam gerak tari yang telah dihasilkannya dan kebutuhan gerak penghubung untuk merangkainya menjadi karya tari kelompok.
Mengasosiasi
Peserta didik secara kelompok merangkai ragam gerak menjadi komposisi gerak tari sederhana
Peserta didik melakukan latihan-latihan bersama dengan hitungan
Mengomunikasikan
Peserta didik menyajikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas; yang tidak maju memberikan tanggapan.

3.  Kegiatan Penutup (15 menit)
Peserta didik memperhatikan umpan balik  yang diberikan oleh guru
Guru dan peserta didik melakukan refleksi bersama
Peserta didik mencatat tugas rumah yaitu mencari informasi tentang konsep pola lantai dalam tari kelompok.
Guru dan peserta didik  mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan do’a bersama.

Pertemuan Ketiga: 3 JP
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
Dalam kegiatan pendahuluan guru:
Memimpin berdoa bersama dilanjutkan dengan presensi.
  Meminta peserta didik menyajikan hasil tugas rumahnya di papan apresiasi dan ekspresi.
  Memberikan penguatan terhadap hasil yang telah dicapai oleh peserta didik.
Menjelaskan guru tentang garis besar cakupan materi dan  kegiatan yang akan dilakukan.

2. Kegiatan Inti (95 menit)
Mengamati
Peserta didik mengamati foto-foto/gambar pola lantai pada buku/slide/video.
Peserta didik mengamati   contoh penataan pola lantai tari kelompok melalui video pembelajaran
Menanya
Peserta didik mempertanyakan cara membuat pola lantai tari kelompok yang sudah dibuatnya.
Mengumpulkan Data/Informasi
Peserta didik secara kelompok mengumpulkan informasi tentang cara menggambarkan/membuat pola lantai dari berbagai sumber (buku siswa, internet).
Peserta didik memilih/menentukan pola lantai yang bisa diterapkan pada gerak tari yang telah diciptakan bersama
Menalar/mengasosiasi
Peserta didik menyamakan persepsi tentang pengertian dan cara menggambar pola lantai
Peserta didik secara kelompok bekerja sama menggambar  pola lantai pada buku gambar dan memperagakannya.
Mengomunikasikan
Peserta didik menyajikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas.
Peserta didik dari kelompok lain memberi tanggapan, kritik, saran, dan masukan/pujian terhadap sajian kelompok.

3. Kegiatan Penutup (15 menit)
Peserta didik memperhatikan feedback guru tentang penataan pola lantai
Peserta didik dan guru bersama-sama melakukan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran
Guru memberikan tugas rumah untuk menyempurnakan hasil kerja kelompok peserta didik di rumah.

Pertemuan Keempat: 3 JP
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
Dalam kegiatan pendahuluan guru:
Memimpin berdoa bersama dilanjutkan dengan presensi.
  Meminta peserta didik menyajikan hasil tugas rumahnya di depan kelas.
  Memberikan penguatan terhadap hasil yang telah dicapai oleh peserta didik.
Menjelaskan guru tentang garis besar cakupan materi, kegiatan yang akan dilakukan.

2. Kegiatan Inti (95 menit)
Mengamati
Peserta didik memperhatian penjelasan dan peragaan guru tentang cara menggabungkan gerak dan iringan
Menanya
Peserta didik mempersoalkan tentang cara menggabungkan antara gerak tari ciptaan kelompoknya dengan iringan musik
Mengumpulkan Data/Informasi
Peserta didik memilih musik iringan tari yang disediakan oleh guru untuk diterapkan
Peserta didik mencoba menerapkan musik  iringan tari pada tarian yang telah dibuatnya.
Mengasosiasi
Peserta didik melakukan latihan-latihan gerak dengan iringan
Peserta didik menyimpulkan/memantapkan hasil latihan-latihan gerak dengan iringan menjadi konsep karya tarian

3. Kegiatan Penutup (15 menit)
Peserta didik memperhatikan feedback guru
Guru dan peserta didik bersama-sama melakukan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran
Guru memberikan tugas rumah untuk menyempurnakan hasil kerja kelompok peserta didik di rumah.

Pertemuan Kelima: 3 JP
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
Dalam kegiatan pendahuluan guru:
Memimpin peserta didik berdoa bersama dilanjutkan dengan presensi.
  Menanyakan kemajuan belajar peserta didik
  Memberikan penguatan terhadap hasil yang telah dicapai oleh peserta didik.
Menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan.

2. Kegiatan Inti (95 menit)
Mengasosiasi
Peserta didik melakukan latihan-latihan untuk menyempurnakan penampilan kelompok.

3. Kegiatan Penutup
Guru memberikan feedback dan penguatan terhadap hasil penampilan peserta didik
Guru dan peserta didik  bersama-sama melakukan refleksi proses dan hasil pembelajaran
Guru menutup pembelajaran

Pertemuan Keenam: 3 JP
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
Dalam kegiatan pendahuluan guru:
Memimpin peserta didik berdoa bersama dilanjutkan dengan presensi.
  Menanyakan kesiapan belajar peserta didik
  Memberikan penguatan terhadap hasil yang telah dicapai oleh peserta didik.
Menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan.

2. Kegiatan Inti (95 menit)
Mengomunikasikan
Peserta didik menyajikan tarian hasil kreasinya di depan kelas secara bergantian

3. Kegiatan Penutup
Guru memberikan feedback dan penguatan terhadap hasil penampilan peserta didik
Guru dan peserta didik  bersama-sama melakukan refleksi proses dan hasil pembelajaran
Peserta didik dan guru membuat catatan keberhasilan dan kekurangan untuk modal program layanan remedial atau pengayaan/pendalaman.
Guru menutup pembelajaran


E. PENILAIAN
1. Kompetensi Sikap
a. Kompetensi Sikap Spiritual
1) Teknik Penilaian : observasi
2) Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
3) Instrumen : lihat Lampiran 1

b. Kompetensi Sikap Sosial
1) Teknik penilaian : observasi
2) Bentuk instrumen : lembar observasi
3) Instrumen : lihat Lampiran 2 dan Lampiran 3

2. Kompetensi Pengetahuan
1) Teknik Penilaian : Tes tertulis
2) Bentuk instrument : 1. Tes Uraian, 2. Tes Pilihan Ganda
3) Instrumen : lihat Lampiran 4

3. Kompetensi Keterampilan
1) Teknik Penilaian : Tes Praktik dan Penilaian Produk Tari
2) Bentuk Instrumen : Lembar Pengamatan Penampilan
3) Instrumen : lihat Lampiran 5

4. Penilaian Remidi
1) Teknik Penilaian : Tes Praktik
2) Bentuk Instrumen : Lembar Pengamatan Penampilan
3) Instrumen : lihat Lampiran 5

5. Penilaian Pengayaan
1) Teknik Penilaian : Tes Praktik
2) Bentuk Instrumen : Lembar Pengamatan Penampilan
3) Instrumen : lihat Lampiran 5


F. MEDIA, ALAT,BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
1. Media/Alat : Video tari, foto-foto tari tradisional, gambar pola lantai, papan apresiasi dan ekspresi, LCD, Laptop
2. Bahan : -
3. Sumber Belajar :
a. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Seni Budaya. Buku Siswa. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan halaman 73-93
b. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Seni Budaya. Buku Guru. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan halaman 82-121
c.    Kusnadi. 2009. Penunjang Pembelajaran Seni tari untuk SMP/MTs. Surakarta: PT Tiga Serangkai

Previous
Next Post »
0 Komentar

Category

Agama (2) Bahan Ajar (1) Bahasa Indonesia (2) Bahasa Inggris (2) Bank Soal (9) Download (10) E-Rapot (2) IPS (3) Kisi-Kisi (10) Matematika (3) Pedoman (1) Penilaian (2) Permendikbud (1) PKn (2) POS (1) PTK (1) RPP (4) Seni Budaya (3) Soal (3) Ujian Nasional (4) UN (2) USBN (9)